Tetap Bugar & Sehat Saat Puasa

Posted by Ihsan Amaly on

Kondisi fisik dan mental orang berpuasa perlu dipersiapkan agar tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa, karena tubuh kita perlu menyesuaikan diri dengan kebiasaan saat berpuasa. Perubahan jadwal makan dan tidur awalnya tentu akan mengganggu keseimbangan tubuh kita. Begitu pula bila mengkonsumsi makanan dan minuman yang salah yang dapat membuat kita sakit bahkan lemas saat berpuasa. Berikut ini ada beberapa tips yang baik dijalankan agar tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa :

SAAT SAHUR

  1. Usahakan untuk tidak melewatkan makan sahur, mendekati waktu imsak lebih baik
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur, tidak perlu berlebihan, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  3. Agar mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah.
  4. Hindari makanan yang manis karena membuat lebih cepat lapar di siang hari.
  5. Banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  6. Hindari makanan junk food dan yang banyak mengandung lemak, karena tubuh akan bekerja keras untuk mengolah lemak. Hasilnya, tubuh menjadi cepat kehilangan energi.
  7. Hindari teh, kopi saat sahur karena memiliki efek diuretik yang membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil
  8. Setelah makan sahur jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

 

SAAT BERBUKA

  1. Makanlah sumber karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis, kolak, sirup dan lain-lain yang mudah dicerna.
  2. Jangan langsung minum air dingin atau es, karena dalam kondisi perut kosong asam lambung akan terbentuk semakin banyak, sebaliknya berbuka dengan minuman yang hangat
  3. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru, kunyah makanan dengan baik, serta tidak mengkonsumsi makanan berlebihan
  4. Setelah salat dan beristirahat sejenak, dapat dilanjutkan dengan makan makanan pokok seperti nasi dan lauk-pauk tapi dalam porsi sedang. Camilan atau minuman ringan dapat dilanjutkan setelah tarawih dalam porsi kecil
  5. Jangan terlalu banyak makan gorengan atau makanan bersantan.
  6. Banyak Konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin
  7. Banyak minum air putih pada saat berbuka sangat dianjurkan
  8. Jangan lupa berolahraga, karena dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar, lakukan beberapa saat sebelum berbuka atau setelah berbuka. Minimal melakukan aktivitas berjalan santai sekitar 30 menit.
  9. Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

 

Beberapa tips lainnya :

  1. Minumlah kurang lebih 10 gelas air dalam sehari. Bagilah antara asupan air saat sahur dan buka puasa, termasuk juice buah dan sup atau kaldu. Sup, kaldu dan juice mengandung elektrolit yang dibutuhkan tubuh dan bersifat menahan air lebih lama.
  2. Tidur cukup, kurang tidur dapat menyebabkan gelisah, sakit kepala dan ganggaun pencernaan. Sempatkan tidur siang sekitar 15 menit sudah cukup untuk membuat tubuh terasa segar kembali.
  3. Kendalikan Emosi. Hati yang tenang karena nafsu yang terkendali akan menurunkan konsumsi energi atau laju metabolisme sehingga menghemat pemakaian tenaga.

 

Berkaitan dengan alat cek kadar gula darah, kolesterol, atau asam urat dalam tubuh, orang disarankan untuk berpuasa untuk memantau hasil normalnya. Mau tahu alatnya:

  • Alat Cek gula darah GLUCO M klik di sini
  • Alat Cek gula, darah, kolesterol, dan asam urat AUTOCHECK klik di sini
  • Alat Cek gula, darah, kolesterol, dan asam urat EASY TOUCH klik di sini

Anda mau test langsung? kami bisa membantu Anda, ayo kunjungi toko kami yang terdekat dengan Anda di Surabaya, Sidoarjo, Malang.. lihat kontak toko kami klik di sini

Selamat berpuasa!

Salam sehat dari Medicom..


Share this post



← Older Post Newer Post →