Teh Celup Picu Bahaya

Posted by Ihsan Amaly on

Teh Celup adalah salah satu minuman teh yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain praktis, teh ini juga tidak meninggalkan  ampas teh karena semua teh ada di dalam kantong teh.

 

Namun minum teh dengan teh celup ini sebenarnya kurang disarankan karena bisa memicu gangguan kesehatan, apa alasannya? Berikut penjelasan mengenai bahaya teh celup.

 

Sebenarnya bukan pada tehnya, namun yang membahayakan adalah kertas kantongnya. Kertas biasanya dibuat dari bahan pulp atau bubur kertas yang terbuat dari kayu, bahan pulp ini berwarna coklat tua.

 

Nah, untuk membuat pulp itu menjadi berwarna putih dibutuhkan bahan kimia pemutih yang terbuat dari senyawa chlorine yang cukup pekat. Dalam proses pembuatan kertas, senyawa chlorine ini masih tertinggal pada kertas dan tidak dilakukan penetralan karena alasan bahay yang cukup tinggi. Kertas inilah yang biasanya digunakan pada kantong teh celup.

 

Apa bahaya Chlorine bagi kesehatan?

 

Kantong teh celup yang mengandung chlorine jika dikonsumsi terlalu sering akan sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika anda terlalu lama mencelupkan kantong teh selama lebih dari 5 menit.

 

Zat kimia ini juga memiliki fungsi untuk membunuh bakteri pembusuk pada kertas sehingga membuat kertas tahan lama.

Para peneliti mencurigai akibat dari asupan klorin pada tubuh manusia yang dapat mengakibatkan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, terbelakang mental hingga KANKER.

 

Hal ini bukan berarti bahwa anda sudah tidak boleh lagi mengkonsumsi teh celup, hanya saja jika anda ingin menggunakan teh celup, usahakan tidak mencelupkannya lebih dari 5 menit, karena biasanya kebanyakkan orang salah persepsi, beranggapan bahwa semakin lama mencelupkan teh, maka akan semakin banyak sari teh yang ada pada cangkir teh kita. Sebenarnya malah kandungan klorinlah yang akan menumpuk pada cangkir teh Anda.

 

Semoga bermanfaat,

Sumber:dekamulyana.com


Share this post



← Older Post Newer Post →