Ponsel di Tempat Gelap

Posted by Ihsan Amaly on

Bagi yang suka membaca di tempat gelap, menggunakan ponsel dalam kegelapan akan menyesal seumur hidup! Setelah mendapat penyait makula, berarti sudah menderita kanker mata, hanya menunggu buta, karena obat modern tidak bisa mengobatinya, apalagi menyembuhkan. Baru-baru ini, semakin banyak pasien berumur 30-40 tahun berobat ke dokter karena sebelum tidur dan setelah lampu dimatikan, masih juga menggunakan ponsel.

Profesor Lili direktur Rumah Sakit Opthalmology mengatakan, “ Sinar menyilaukan yang kuat dari ponsel bila langsung menyinari mata lebih dari 30 menit, akan menyebabkan penyakit mata degenerasi makula. Ini akan menyebabkan kerusakan yang cepat pada pandangan mata, khususnya penyakit makula yang tidak dapat disembuhkan.” Setelah lampu mati layar ponsel terlihat sangat terang dalam kegelapan, melihat dari jarak dekat, energi tinggi menyinari mata langsung, yang akan merusak makula mata.

 

Profesor Lili mengatakan bahwa gejala degenerasi makula kebanyakkan adalh orangtua, namun baru-baru ini ada kecenderungan penderita adalah pasien yang lebih muda. Diantaranya peningkatan pasien pada usia 20-40 tahun bertambah 3 kali lipat, sebagian besar adalah pengguna berat ponsel pintar/ i-pad. Tidak hanya degenerasi makula, pada awal akan muncul gejala dini mata kering, yang lebih serius adalah katarak muncul duluan, bahkan kehilangan penglihatan dan menjadi buta. Gejala awal penyakit, harus diobati dengan laser atau suntikan steroid, baru memiliki kesempatan untuk sembuh.

 

Profesor Lili menyarankan selain lebih banyak menambah suplemen lutein, hal yang paling penting adakah menyingkirkan kebiasaan buruk menggunakan ponsel dalam kegelapan. Karena sebelum tidur tidak sabar melihat ponsel sebentar, mungkin akan menyebabkan penderitaan seumur hidup. Lain kali ingatlah, setelah mematikan lampu jangan menggunakan ponsel Anda, lindungi mata anda. (Safe your Eyes)

 

Share from

 

Lanny

Medicom Bintoro


Share this post



← Older Post Newer Post →